Kamis, 22 Oktober 2015

Deskripsi dan Evaluasi (IPS SD dan Pembelajaran IPS SD)



DESKRIPSI MATA KULIAH
PEMBELAJARAN IPS-SD
Pengampu : Dra. Siti Halimatus Sakdiyah SPd. MPd
******************************************************************
  1. PERKEMBANGAN KURIKULUM IPS
    1. Perkembangan kurikulum IPS di SD
    2. Sistem pengembangan kurikulum
    3. Teknik mengembangkan kurikulum
  2. KETRAMPILAN PROSES IPS
    1. Pengetahuan, sikap dan nilai
    2. Daftar ketrampilan proses IPS
  3. CAKUPAN DAN RUANG LINGKUP IPS
    1. Konsep dasar sejarah
    2. Konsep dasar geografi
    3. Konsep dasar ilmu ekonomi/ koperasi
    4. Konsep dasar ilmu politik dan pemerintahan
    5. Konsep dasar sosiologi
    6. Konsep dasar antropologi
    7. Konsep dasar psikologi sosial
    8. Materi dan ruang lingkup IPS-SD
  4. TOPIK PENDUKUNG MATERI PEMBELAJARAN IPS SD
    1. Pengertian dasar antropologi, sosiologi dan psikologi sosial
    2. Sejarah perkembangan antropologi, sosiologi dan psikologi sosial
    3. Perbandingan antara antropologi sosial, sosiologi dan psikologi sosial
    4. Manfaat antropologi sosial, sosiologi dan psikologi sosial bagi modernisasi masyarakat dan profesi guru
    5. Topik-topik bidang studi IPS SD yang dapat ditunjang oleh konsep-konsep antropologi sosial, sosiologi dan psikologi sosial
  5. PERENCANAAN PENGAJARAN IPS SD
    1. Dasar-dasar filosofis dalam pengajaran IPS SD
    2. Dasar-dasar psikologis dalam pengajaran IPS SD
    3. Pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran IPS SD
    4. Strategi pembelajaran kontekstual
    5. Model-model pembelajaran IPS SD
    6. Pelaksanaan pengajaran IPS SD
  6. MEDIA PEMBELAJARAN IPS SD
    1. Klasifikasi media pembelajaran IPS SD
    2. Fungsi dan peranan media pembelajaran
    3. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media pembelajaran
  7. PENGALAMAN PEMBELAJARAN
    1. Kenampakan alam
    2. Penggunaan lahan
    3. Kebangsaan
    4. Wawasan Nusantara
    5. Hak dan kewajiban

Buku Rujukan
  1. Abdul Azis Wahab dkk, 2007, Konsep Dasar IPS, Buku Materi Pokok Edisi I, PDGK 4102/ SKS/ Modul 1-12, Universitas Terbuka, Jakarta.
  2. Abdul Azis Wahab dkk, 1996, Metodologi Pengajaran IPS, Karunika, Universitas Terbuka, Jakarta.
  3. Asri Budiningsih, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
  4. Asy’ari dkk, 2009, IPS SD untuk Kelas III, Erlangga, Jakarta.
  5. Budi Handoyo dkk, 2004, Pendidikan IPS SD Terpadu, Geografi Spektrum Press Malang.
  6. Bert F. Hoselitz ed, 2000, Panduan Dasar Ilmu-ilmu Sosial, Rajawali Pers, Jakarta.
  7. Fakih Samlawi dan Bunyamin Maftuh, 1996, Konsep Dasar IPS, Depdikbud Dirjen Dikti Bagian Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Primary School Teacher Development Project) IBRD LOAN 3496-IND.
  8. George Ritzer, 2007, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  9. Hamid Hasan, 1997, Dasar-dasar Pendidikan IPS SD, FPIPS IKIP Bandung.
  10. Imron Rosyadi, 1997, Makalah Hakekat Karakteristik Bidang Studi IPS, disajikan dalam rangka Pelatihan Metodologi Bidang Studi bagi dosen PGSD.
  11. I Nyoman Sudana Degeng, 2005, Teori Pembelajaran II (Terapan), Program Magister Pendidikan IPS, Universitas Kanjuruhan Malang.
  12. Iman Sukiman, 1999, Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar, Depdikbud Propinsi Jawa Barat, Bandung.
  13. Koentjaraningrat, 2000, Pengantar Ilmu Antropologi, Rineka Cipta Jakarta.
  14. Koentjaraningrat, 2000, Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  15. Muchtar SP. Dkk, 2004, Ilmu Pengetahuan Sosial IA, Yudhistira Jakarta.
  16. Nur Asma, 2006, Model Pembelajaran Kooperatif, Depdiknas, Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
  17. Purwanto dan Sutrisno, 2007, Bersahabat dengan Lingkungan Sosialku Kelas V, Ganeca Exact Bandung.
  18. Samidjo Broto Kiswoyo, 1997, Model Pembelajaran IPS, disajikan dalam rangka Pelatihan Metodologi Bidang Studi bagi dosen PGSD.










DESKRIPSI MATA KULIAH
KONSEP DASAR IPS SD
Pengampu : Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, SPd. MPd.

  1. Karakteristik dan Hakikat IPS
    1. Karakteristik IPS
    2. Hakikat IPS
  2. Sejarah Perkembangan IPS
    1. Social Studies di USA
    2. IPS di Indonesia
  3. Cakupan dan Ruang lingkup IPS
    1. Konsep dasar sejarah
    2. Konsep dasar geografi
    3. Konsep dasar ekonomi
    4. Konsep dasar politik
    5. Konsep dasar antropologi
    6. Konsep dasar sosiologi
    7. Konsep dasar psikologi sosial
  4. Konsep Dasar IPS
A.     Kriteria pemilihan konsep
B.     Konsep dasar IPS
C.     Masalah sosial di dalam konsep dasar IPS
  1. Konsep Dasar Sejarah
    1. Pengertian sejarah
    2. Sumber sejarah
    3. Fungsi dan tujuan
    4. Sumbangan ilmu sejarah
    5. Aneka ragam suku bangsa, adat dan budaya
    6. Pengaruh kebudayaan luar terhadap kebudayaan Indonesia
  2. Konsep Dasar Ekonomi
    1. Pengertian ekonomi
    2. Prinsip ekonomi
    3. Motif ekonomi dan kebudayaan
    4. Masalah ekonomi
    5. Persoalan ekonomi modern
    6. Pelaku ekonomi
    7. Sistem ekonomi
    8. Pengembangan koperasi dan usaha kecil
  3. Konsep Dasar Geografi
    1. Fenomena geografi
    2. Lingkungan keluarga
    3. Lingkungan sekolah
    4. Lingkungan masyarakat
  4. Konsep Dasar Ilmu Politik
    1. Konsep politik dan pemerintahan
    2. Individu dan masyarakat
    3. Pranata sosial
    4. Hukum dan perundang-undangan
    5. Warga masyarakat dan warga negara
  5. Konsep Dasar Antropologi, sosiologi dan psikologi sosial
    1. Pengertian
    2. Sejarah perkembangan
    3. Perbandingan
    4. Manfaat
    5. Materi pembelajaran IPS SD yang menunjang konsep antropologi, sosiologi dan psikologi sosial

Buku Rujukan
  1. Abdul Azis Wahab dkk, 2007, Konsep Dasar IPS, Buku Materi Pokok Edisi I, PDGK 4102/ SKS/ Modul 1-12, Universitas Terbuka, Jakarta.
  2. Abdul Azis Wahab dkk, 1996, Metodologi Pengajaran IPS, Karunika, Universitas Terbuka, Jakarta.
  3. Asy’ari dkk, 2009, IPS SD untuk Kelas III, Erlangga, Jakarta.
  4. Budi Handoyo dkk, 2004, Pendidikan IPS SD Terpadu, Geografi Spektrum Press Malang.
  5. Bert F. Hoselitz ed, 2000, Panduan Dasar Ilmu-ilmu Sosial, Rajawali Pers, Jakarta.
  6. Fakih Samlawi dan Bunyamin Maftuh, 1996, Konsep Dasar IPS, Depdikbud Dirjen Dikti Bagian Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Primary School Teacher Development Project) IBRD LOAN 3496-IND.
  7. George Ritzer, 2007, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  8. Hamid Hasan, 1997, Dasar-dasar Pendidikan IPS SD, FPIPS IKIP Bandung.
  9. Imron Rosyadi, 1997, Makalah Hakekat Karakteristik Bidang Studi IPS, disajikan dalam rangka Pelatihan Metodologi Bidang Studi bagi dosen PGSD.
  10. Iman Sukiman, 1999, Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar, Depdikbud Propinsi Jawa Barat, Bandung.
  11. Ismaun, 2000, Pengantar Ilmu Sejarah, FPIPS, IKIP Bandung
  12. Koentjaraningrat, 2000, Pengantar Ilmu Antropologi, Rineka Cipta Jakarta.
  13. Koentjaraningrat, 2000, Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  14. Kansil, CST, 2000, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
  15. Muchtar SP. Dkk, 2004, Ilmu Pengetahuan Sosial IA, Yudhistira Jakarta.
  16. Purwanto dan Sutrisno, 2007, Bersahabat dengan Lingkungan Sosialku Kelas V, Ganeca Exact Bandung.
  17. Samidjo Broto Kiswoyo, 1997, Model Pembelajaran IPS, disajikan dalam rangka Pelatihan Metodologi Bidang Studi bagi dosen PGSD.




UJIAN TENGAH SEMESTER
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PRODI : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (S-1)
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

MATA KULIAH : PEMBELAJARAN IPS SD
W a k t u              : 100 menit
Penguji                 : Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, SPd. MPd.

S O A L :
1. Mengapa dalam proses belajar mengajar IPS, pemberian ketrampilan proses
    sangat diperlukan? Kemukakan alasan saudara!
2. Jelaskan 3 unsur penting dalam CBSA!
3. Bagaimana menurut pendapat anda, manfaat psikologi sosial dalam penerapan  
    konsep dasar IPS?
4. Menurut pendapat anda, mengapa metode penelitian antropologi dan sejarah
    hampir sama? Jelaskan pula bidang kajiannya dan tingkat kepentingannya!















UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PRODI : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (S-1)
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

MATA KULIAH : PEMBELAJARAN IPS SD
W a k t u              : 100 menit
Penguji                 : Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, SPd. MPd.

S O A L :
1. Mengapa dalam proses belajar mengajar IPS, pemberian ketrampilan proses
    sangat diperlukan? Kemukakan alasan saudara!
2. Bagaimana cara mengembangkan gagasan untuk pembelajaran IPS di SD
    dengan materi kenampakan alam?
3. Sebutkan contoh alternatif kegiatan lain yang paling relevan untuk materi
    Wawasan nusantara maupun hak dan kewajiban!
4. Buatlah RPP untuk mata pelajaran IPS Kelas II, (Pilih salah satu) :
    a. Dokumen
    b. Manfaat dokumen
    c. Cerita masa lalu







Tidak ada komentar:

Posting Komentar