ABSTRAK
Sakdiyah, Siti Halimatus, 2013, Peningkatan
Pemahaman Keragaman Suku Bangsa dan
Budaya Melalui Media Gambar dan Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Siswa
Kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang.
Pembelajaran IPS merupakan salah satu
pembelajaran sosial yang bertujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan sekitarnya,
memiliki kemampuan dasar berfikir kritis dan logis, rasa ingin tahu memecahkan
masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sosial , memiliki komitmen dan
kemampuan bekerjasama dan berkompetisi
dengan masyarakat majemuk di tingkat lokal, nasionaL dan global (BSNP,
2006). Kecenderungan pandangan dalam pendidikan kita bahwa pengetahuan sebagai
fakta-fakta yang harus dihafal. Maka hasil yang dicapai siswa hanya berupa
hafalan yang diperoleh dari penjelasan guru tanpa memperoleh pemahaman yang
baik dari apa yang mereka pelajari dari mata pelajaran tersebut. Pada
kenyataannya proses pembelajaran yang dilakukan guru masih sering membuat siswa
bosan dan tidak aktif di dalam kelas. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi
di SDN Kebonsari 4 Malang maka media gambar dan model pembelajaran kancing
gemerincing bisa dikemas dan menjadi metode yang menarik untuk meningkatkan
pemahaman siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
mendeskripsikan media gambar yang dapat meningkatkan pemahaman keragaman suku
bangsa dan budaya (2) mendeskripsikan model pembelajaran kancing gemerincing yang dapat
meningkatkan pemahaman keragaman suku bangsa dan budaya (3) untuk mengetahui
peningkatan pemahaman melalui media gambar dan model pembelajaran kancing
gerincing materi keragaman suku bangsa dan budaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus dengan pokok
bahasan Keragaman suku bangsa dan budaya. Data dalam penelitian ini adalah
hasil observasi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal
tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa
Kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang, yang berjumlah 42 orang yang terdiri dari 22
siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan peneliatian mulai
bulan Juli sampai November 2013.
Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil
belajar klasikal siswa kelas I meningkat dari 60% di siklus I menjadi 98% di
siklus II, (2) Media gambar dan model pembelajaran kancing gemerincing dapat
meningkatkan pemahaman siswa sehingga hasil belajar siswa dari 73% dengan
rata-rata 73 pada siklus I menjadi 98% dengan rata-rata 90 di siklus II. Dari
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar dan model pembelajaran
kancing gemerincing dapat meningkatkan
pemahaman siswa dan sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
SDN Kebonsari 4 Malang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar