ABSTRAK
Sakdiyah,
Siti Halimatus, 2012, Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Identitas Diri
Melalui Pemanfaatan Bahan Manipulatif Siswa Kelas I SD Islam Al Hikmah Gadang
Malang.
Pembelajaran IPS merupakan salah satu
pembelajaran sosial yang bertujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan sekitarnya,
memiliki kemampuan dasar berfikir kritis dan logis, rasa ingin tahu memecahkan
masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sosial, memiliki komitmen dan kemampuan
bekerjasama dan berkompetisi dengan
masyarakat majemuk di tingkat lokal, nasionaL dan global (BSNP, 2006).
Kecenderungan pandangan dalam pendidikan kita bahwa pengetahuan sebagai
fakta-fakta yang harus dihafal. Maka hasil yang dicapai siswa hanya berupa
hafalan yang diperoleh dari penjelasan guru tanpa memperoleh pemahaman yang
baik dari apa yang mereka pelajari dari mata pelajaran tersebut. Pada
kenyataannya proses pembelajaran yang dilakukan guru masih sering membuat siswa
bosan dan tidak aktif di dalam kelas. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi
di SD Islam Al Hikmah Gadang Malang maka penggunaan bahan manipulatif bisa
dikemas dan menjadi metode yang menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
untuk mengetahui hambatan yang menyebabkan siswa kurang paham tentang identitas
diri (2) Apakah media pembelajaran berupa bahan-bahan manipulatif dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami identitas diri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus dengan pokok
bahasan Identitas diri, keluarga dan kerabat. Data dalam penelitian ini adalah
hasil observasi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal
tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa
Kelas I SD Islam Al Hikmah Gadang Malang, yang berjumlah 19 orang yang terdiri
dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan peneliatian
mulai bulan Juli sampai September 2012.
Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil
belajar klasikal siswa kelas I meningkat dari 60% di siklus I menjadi 90% di
siklus II, (2) Pemanfaatan bahan manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa
sehingga hasil belajar siswa dari 53% dengan rata-rata 69 pada siklus I menjadi
89% dengan rata-rata 79 di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pemanfaatan bahan manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa dan
sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Islam Al Hikmah
Gadang Malang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar