Sabtu, 05 Juli 2014

Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Identitas Diri Melalui Pemanfaatan Bahan Manipulatif Siswa Kelas I SD Islam Al Hikmah Gadang Malang.


ABSTRAK

Sakdiyah, Siti Halimatus, 2012, Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Identitas Diri Melalui Pemanfaatan Bahan Manipulatif Siswa Kelas I SD Islam Al Hikmah Gadang Malang.

     Pembelajaran IPS merupakan salah satu pembelajaran sosial yang bertujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan sekitarnya, memiliki kemampuan dasar berfikir kritis dan logis, rasa ingin tahu memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sosial, memiliki komitmen dan kemampuan bekerjasama dan berkompetisi  dengan masyarakat majemuk di tingkat lokal, nasionaL dan global (BSNP, 2006). Kecenderungan pandangan dalam pendidikan kita bahwa pengetahuan sebagai fakta-fakta yang harus dihafal. Maka hasil yang dicapai siswa hanya berupa hafalan yang diperoleh dari penjelasan guru tanpa memperoleh pemahaman yang baik dari apa yang mereka pelajari dari mata pelajaran tersebut. Pada kenyataannya proses pembelajaran yang dilakukan guru masih sering membuat siswa bosan dan tidak aktif di dalam kelas. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SD Islam Al Hikmah Gadang Malang maka penggunaan bahan manipulatif bisa dikemas dan menjadi metode yang menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa.

     Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hambatan yang menyebabkan siswa kurang paham tentang identitas diri (2) Apakah media pembelajaran berupa bahan-bahan manipulatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami identitas diri.

      Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus dengan pokok bahasan Identitas diri, keluarga dan kerabat. Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas I SD Islam Al Hikmah Gadang Malang, yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan peneliatian mulai bulan Juli sampai September 2012.

     Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar klasikal siswa kelas I meningkat dari 60% di siklus I menjadi 90% di siklus II, (2) Pemanfaatan bahan manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga hasil belajar siswa dari 53% dengan rata-rata 69 pada siklus I menjadi 89% dengan rata-rata 79 di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan bahan manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa dan sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Islam Al Hikmah Gadang Malang.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar